Assalamu'alaikum...Selamat Datang di Electrical Engineering Community 04...Take your Coment Bro...

Saturday, October 23, 2010

Pemodelan Sistem

Referensi : Pemodelan dan simulasi sistem(teori, aplikasi & contoh program dalam bahasa C)

Pengarang : Bambang S

Penerbit : INFORMATIKA

  1. Tujuan Pemodelan dan simulasi


     

    Disebutkan bahwa secara umum ada tiga tujuan dari pemodelan dan simulasi, antara lain : untuk pelatihan(training),, studi perilaku system (behaviour) dan hiburan/permainan (game). Seorang pilot baru, sebelum diperbolehkan menerbangkan pesawat yang sebenarnya terlebih dahulu diharuskan latihan penerbangan di simulator dengan berbagai kondisi dan maneuver terbang. Simulasi diperlukan untuk memahami perilaku system tertentu. Simulasi system merupakan konsekuensi hasil dari 3 hal berikut. Pertama, kebutuhan terhadap suatu studi biaya-rendah atau perancangan system yang mempunyai sifat alamiah kompleks sebagai pembuka kearah pengembangan dalam suatu eksperimen laboratorium. Kedua, kebutuhan untuk memverifikasi bahwa suatu system persamaan matematika pemodelan yang digunakan dalam suatu system kendali adalah valid. Ketiga, kebutuhan untuk meramal (forecast) tanggapan suatu system terhadap kebijakan atau kendali kompleks sebagai suatu alat evaluasi konsekuensi dari kebijakan atau kendali tertentu yang dipilih.

    (untuk pembahasan lanjut tentang pemodelan system ini silahkan beli buku aslinya..ahihihi)


     

  2. Beberapa istilah dalam model system dan simulasi


     

    Pengertian system adalah sehimpunan unsur yang melakukan sesuatu kegiatan atau menyusun skema atau tata cara melakukan sesuatu kegiatan pengolahan (pemrosesan) untuk mencapai sesuatu atau beberapa tujuan, dan hal ini dilakukan dengan cara mengolah data dan/atau energy dan/ atau barang(benda) didalam jangka waktu tertentu guna menghasilkan informasi dan/atau energy dan/ atau barang(benda).


     

    Kejadian (event) adalah peristiwa sesaat yang dapat mengubah variable keadaan system. Contoh kejadian adalah keadaan pelanggan datang. Keadaan mulai pelayanan, dan keadaan pelanggan pergi. System kejadian diskrit adalah system yang perubahan keadaannya dari suatu saat ke saat lain diskontinu. Pada system diskrit, perubahan suatu keadaan disebabkan oleh suatu kejadian suatu kejadian pada suatu saat. Biasanya kejadian terjadi dengan selang-selang waktu yang acak. Suatu kejadian dapat mengubah harga dari atribut, mengubah entitas, atau memulai/mengakhiri suatu aktifitas.


     

    Model adalah suatu representasi atau formalisasi dalam bahasa tertentu (yang disepakati) dari suatu system nyata (realitas). Jadi, model adalah representasi dari suatu objek, benda atau ide-ide dalam bentuk yang lain dengan entitasnya. Model berisi informasi tentang suatu system yang dibuat dengan tujuan untuk mempelajari perilaku system yang sebenarnya. Model dapat berupa tiruan dari suatu benda, system atau peristiwa sesungguhnya yang hanya mengandung informasi yang dipandang penting untuk di telaah. Suatu model atau formula umumnya terdiri dari tiga besaran, yaitu : varibel, konstanta dan parameter.


     

    Variabel system adalah besaran yang nilainya berubah setiap saat baik secara kontinu maupun dikret dalam system. Elemen dari suatu system diwakili oleh atributnya, dan pengertian tentang variabel dalam pemodelan adalah suatu atribut tertentu yang bernilai tidak tetap, baik atribut elemen system maupun atribut lingkungan system. Sering juga bahwa variabel merupakan faktor2 yang berperan dalam peristiwa atau gejala yang diteliti.


     

    Keadaan (state) suatu sistem dinamis adalah himpunan minimal variabel2 tersebut sehingga pengetahuan tentang variabel tersebut pada waktu tertentu bersamaan dengan pengetahuan tentang masukan(input) secara lengkap akan menentukan perilaku (behaviour) system pada waktu tersebut. Jadi, keadaan (state) suatu system adalah kumpulan variabel2 yang nilainya diperlukan untuk mensifatkan suatu system pada waktu tertentu. Keadaan system setiap saat harus diungkapkan sejelas-jelasnya dan selengkap-lengkapnya. Semua parameter yanag ada dalam system harus tercakup dalam pengungkapan tersebut, yang mana mungkin tergantung pada tujuan yang diinginkan dan tolak ukur untuk kerja. Contoh keadaan system : jumlah kasir cepat, waktu kedatangan pelanggan dengan 10 barang belanjaan atau kurang, dan seterusnya


     

    Parameter system adalah besaran yang nilainya akan member sifat (karakteristik) tertentu dari suatu system. Parameter adalah atribut sejati dari suatu objek dalam system. Nilai parameter dapat tetap (time invariant) berupa konstanta atau berubah dengan waktu (time variant). Sebagai contoh parameter dalam system pasar swalayan adalah harga setiap barang dan banyaknya kaunter.


     

    Simulasi adalah proses implementasi model menjadi program komputer(software) atau rangkaian elektronik dan mengeksekusi software tersebut sedimikan rup sehingga perilakunya menirukan atau menyerupai system nyata(realitas) tertentu dengan tujuan mempelajari perilaku system, palatihan atau permainan yang melibatkan system yang nyata. Jaid, simulasi adalah proses merancang model dari suatu system yang sebenarnya, mengadakan percobaan2 terhadap modeltersebut dan meng-evaluasi hasil percobaan tersebut.


     

    (untuk pembahasan lanjut tentang pemodelan system ini silahkan beli buku aslinya..ahihihi)

No comments: